Memasuki Tahun Ajaran (TA) baru 2021/2022 semua sekolah melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai pintu gerbang masuk sekolah. Akan tetapi banyak hal yang membedakan MPLS di SD IT Amal Insani dibanding dengan sekolah pada umumnya.

Dalam tema “SEMANGATKU BAHAGIAKU” peserta didik di ajak untuk melakukan masa pengenalan lingkungan sekolah secara virtual,peserta didik baru di ajak untuk berkeliling melihat bagaimana lingkungan di SD IT Amal Insani, selain itu melihat bagaimana kegiatan pembelajaran selama Luring dan Daring melalui channel Youtube resmi SD IT A mal Insani.

Kegiatan MPLS dilaksanakan melalui vicon di aplikasi Microsoft Teams, berikut merupakan jadwal MPLS untuk peserta didik baru.

 

MPLS ini berjalan selama 3 hari berturut-turut dengan kegiatan berbeda-beda setiap harinya, ini berguna agar peserta didik kenal dan paham dengan teman dan guru barunya, seperti kata pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang”

Para wali kelas  dengan kemampuan IT yang bagus dengan sabar dan telaten membimbing para peserta didik baru untuk memperkenalkan dirinya satu persatu dan memperkenalkan system pembeajaran selama daring nanti. Sebagai sosok yang masih kekanak-kanakan, para peserta didik seringkali masih malu-malu untuk memperkenalkan dirinya kepada teman barunya

Hal yang membedakan MPLS di SD IT dengan SD pada umumnya berbeda yaitu kegiatan MPLS di SD IT bisa bertatap langsung walaupun secara virtual melalui vicon, berbeda dengan SD pada umumnya yang hanya meminta peserta didik untuk mengirim video perkenalan.

Sesuai jadwal diatas ,kegiatan pertama setelah meihat video penyambutan yaitu “Kenalan Yukk” baik peserta didik maupun guru kelas memperkenalkan dirinya, selanjutnya peserta didik diminta mengumpulkan foto dengan memegang kertas HVS yang bertuliskan “nama lengkap, nama panggila kelas, harapan atau keinginan ddapam satu tahun kedepan.,

Kegiatan hari kedua yaitu “saya senang bersekolah di SD IT Amal Insani” kalimat tersebut berguna untuk memberikan semangat kepada peserta didik, walaupun sedang pandemic mereka tetap bisa belajar dan beryukur karena masih mampu melaksanakan pembelajaran bersama guru serta teman-teman. Tepuk SD IT, bernyanyi Mars SD IT lalu kegiatan selanjutnya pembentukan struktur organisasi kelas minimal ada ketua kelas dan wakil ketua.

Hari ketiga yaitu mengenalkan dan membiasakan adab islami,  seperti sholat dhuha, sholat 5 waktu, adab makan dan minum memanfaatkan waktu untuk hal yang bermanfaat dan juga menjaga kebersihan. Kegiatan itu di lanjut dengan menyampaikan jadwal dan metode pembelajaran serta kontrak belajar.

Kegiatan MPLS dilaksanakan dalam dua waktu yaitu untuk kelas rendah jam 09:00-10:00 dan kelas tinggi 10:00-11:00, diawali dengan doa dan di akhiri dengan doa, siswa memakai sragam atau boleh menggunakan busana muslim yang rapi dan sopan.

SHARE
Previous articleTELAH DIBUKA PPDB 2021/2022

LEAVE A REPLY